Jumat, 23 Desember 2016

Ini Dia 7 Mata Uang di Dunia Paling Susah Untuk Dipalsukan di Dunia...

4

Tindakan kejahatan pemalsuan uang sering terjadi di berbagai negara. Bahkan di Indonesia sendiri juga pernah terjadi.

Oleh sebab itu, pemerintah mengambil tindakan dengan menciptakan pecahan uan terbaru yang dikatakan sangat sulit untuk dipalsukan.


Ini karena pecahan uang rupiah terbaru yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia ini disebut memiliki tingkat pengamanan paling baik. Yaitu dari colour shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature (level 2), tactile effect dan rectoverso.

Namun, sebelum pecahan uang rupiah ini, ada beberapa mata uang di dunia yang dikatakan memiliki pengamanan paling baik di dunia dan sangat sulit untuk dipalsukan.

Mata uang apa sajakah itu ? Simak ulasannya berikut ini, seperti dilansir Liputan6.com.


1. 10 ribu Tenge, Kazakhstan


Pecahan uang 10 ribu Tenge adalah jenis pecahan pertama yang menggunakan benang pengaman yang bisa terlihat dari dua sisi. Benang ini memiliki tanda khusus yang bisa dikenali dengan mudah.
2. 50 Peso, Meksiko


Pecahan uang 50 Peso, terbuat dari polimer plastik berlapis yang bisa berubah warna saat dilipat. Fitur ini sangat sulit untuk ditiru dengan alat canggih apa pun.
3. 1.000 Kronor, Swedia


1.000 Kronor dibuat dengan tanpa pengaman yang sangat unik. Pecahan ini menggunakan benang mikrolens, yang juga digynakan oleh pecahan 100 dolar Amerika Serikat.
4. 10 Dolar, Hong Kong


10 dollar Hong Kong dibuat menggunakan tinta khusus yang sangat sulit didapatkan dan ditiru. Dengan tinta khusus tersebut juga akan membuat uang pecahan 10 dollar memiliki tekstur yang berbeda.
5. 10 Rupee, Nepal


10 Ruppe dari Nepal terbuat dari benang metalik yang dicampurkan dalam kertasnya. Bahan polimer yang digunakan untuk pecahan uang 10 Rupee ini sangat sulit untuk dipalsukan.
6. 1.000 Dinar, Irak


1.000 dinar dari Irak dibuat dengan huruf yang menonkol. Uang ini juga dicetak dengan tinta khusus dengan pengaman yang khusus juga dan hanya bisa dilihat dari bawah sinar ultraviolet.
7. 20 Pound sterling, Inggris 



20 Poundsterling asal Inggris memiliki benang holograp yang permanen. Tulisan benang tersebut hanya bisa dilihat saat uang dilipat.




Nah, itulah dia ke tujuh mata uang yang sangat sulit untuk dipalsukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar