Senin, 12 Desember 2016

9 Tips Ini Bantu Anda Rajin Shalat 5 Waktu !!

shalat-masjid

SALAH satu kewajiban seorang Muslim adalah mengerjakan shalat lima waktu. Umat Islam tentu mengetahui kewajiban tersebut. Namun, saat akan mengerjakannya seseorang kadang mendapati godaan dan halangan yang tidak terduga. Sehingga menimbulkan rasa malas untuk menunaikannya. Kalau sudah begini, dikhawatirkan malah akan suka untuk meninggalkan shalat. Naudubillah.

Setiap orang pasti tidak ingin hal ini terjadi dalam dirinya. Semua orang tentu ingin rajin mengerjakan shalat lima waktu setiap hari. Karena shalat ini merupakan bagian dari aktivitas sehari-hari. Sangat disayangkan, jika hal ini hanya berujung pada keinginan saja. Tentu Anda sendiri yang harus mengubahnya. Untuk keluar dai rasa malas tersebut, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini, di antaranya:

1. Pahami manfaat shalat; Manfaat ini bisa ditinjau dari sisi psikologis dan sisi kesehatan. Dari sisi psikologis, orang yang rajin shalat 5 waktu antara lain memiliki hati yang tenteram, selalu ingat kepada Allah SWT, terhindar dari pikiran keji dan munkar, sabar, dan bersyukur. Dari sisi kesehatan, orang yang rajin shalat lima waktu antara lain mempunyai wajah yang bercahaya, bersemangat, dan tubuh yang sehat.

2. Ketahui mengapa Anda wajib melaksanakan shalat lima waktu; Anda bisa membaca referensi-referensi yang sudah banyak tersebar. Baik di buku-buku atau internet dengan sumber terpercaya.

3. Ingatlah bahwa dunia itu sementara; Semua yang ada di dunia akan mati. Kita akan kembali ke kampung asal kita, yaitu akhirat. Yang akan kita bawa adalah amalan selama kita masih hidup, bukan materi dunia seperti mobil, rumah, dan perhiasan.


4. Jangan menunda shalat; Saat mendengar suara Adzan, berhentilah melakukan sesuatu dan bersiaplah untuk melaksanakan shalat. Jika ditunda-tunda, Anda mungkin lupa karena kesibukan yang tidak ada habisnya. Selain itu, tidak ada jaminan Anda masih hidup saat menunda-nunda shalat tersebut.

5. Lakukan secara bertahap agar menjadi kebiasaan; Terkait kebiasaan, Anda bisa melakukan shalat lima waktu secara bertahap. Mengapa dilakukan secara bertahap? Karena itu lebih baik daripada Anda tidak menunaikan shalat lima waktu sama sekali dalam seharinya. Selain itu, pembentukan kebiasaan butuh waktu yang lamanya bergantung pada invidu masing-masing.

6. Lakukan shalat berjamaah; Mengapa harus berjamaah? Seperti dikatakan Rasulullah SAW, shalat berjamaah lebih unggul dua puluh tujuh derajat dibandingkan dengan shalat sendirian.

7. Bertemanlah dengan orang-orang yang rajin shalat; Keberadaan teman bisa juga membantu Anda untuk rajin shalat.

8. Berniat dengan tulus; Saat akan melaksanakan shalat lima waktu, berniatlah dengan tulus karena Allah SWT. Jangan berniat karena ingin mendapatkan perhatian lawan jenis, ingin disayang mertua, ingin disayang atasan, ingin terlihat sebagai orang yang takwa, dan sebagainya.

9. Baca buku-buku tentang Islam; Membaca buku-buku tentang Islam di waktu senggang Anda. Sebagai contoh, Anda melakukannya saat hendak tidur malam. Hal ini lebih baik daripada Anda melihat status teman Anda di media sosial atau menghayal. [tipspengembangandiri.com]

Sumber: SatuMedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar